










PEMBAHASAN HASIL EVALUASI
A. Jumlah Responden
Jumlah responden pada survey kepuasan sarana dan prasarana STEI NU Subang adalah seluruh mahasiswa sebanyak 38 yang mengisi link untuk mahasiswa yang sudah mengontrak perkuliahan pada semester Genap 2023/2024. Jumlah data responden yang berhasil dihimpun dalam evaluasi dosen oleh Mahasiswa secara online pada semester Genap2023/2024 ini adalah sebanyak 38 responden.
B. Proses Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan secara online melalui formulir (google form) yang sudah disediakan kepada setiap mahasiswa yang diminta untuk menilai kepuasan sarana dan prasarana yang dijalankan oleh LPM STEI NU Subang oleh setiap mahasiswa secara jujur, objektif dan penuh tanggung jawab.
C. Hasil dari Evaluasi
Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan penilaian positif terhadap keberadaan sarana prasarana rata-rata sebanyak 44% responden menyatakan sangat puas dan 37 % responden merasa puas dengan kondisi sarana dan prasarana serta 18% responden merasa cukup puas, tetapi masih ada bahwa pendekatan manajemen aktual yang diterapkan cukup relevan dengan kebutuhan pengembangan SDM di lingkungan kampus. Sementara itu, 1% responden masih belum merasa puas terhadap kondisi saran dan prasarana yang ada pada STEI NU Subang
Meskipun secara umum tingkat kepuasan terhadap sarana dan prasarana di lingkungan STEI NU Subang tergolong tinggi, hasil evaluasi menunjukkan bahwa masih terdapat 1% responden yang menyatakan kurang puas. Meskipun persentase ini relatif kecil, hal tersebut tetap perlu diperhatikan sebagai indikator adanya aspek yang perlu ditingkatkan untuk mencapai kualitas layanan yang optimal
REKOMENDASI
Berdasarkan temuan tersebut, berikut adalah rekomendasi yang dapat diambil:
1. Identifikasi Spesifik Kebutuhan
Lakukan penelusuran lebih lanjut terhadap aspek spesifik dari sarana dan prasarana yang dinilai kurang memadai oleh sebagian kecil responden, seperti ketersediaan ruang kelas, kenyamanan fasilitas belajar, akses internet, atau kelengkapan perangkat pendukung akademik.
2. Peningkatan Fasilitas secara Bertahap
Susun rencana pengembangan atau peremajaan sarana dan prasarana secara bertahap, dengan mengutamakan kebutuhan yang paling mendesak dan berdampak langsung terhadap kenyamanan dan efektivitas proses pembelajaran