






PEMBAHASAN HASIL EVALUASI
A. Jumlah Responden
Jumlah responden pada survey kepuasan Pelayanan Akademik STEI NU Subang adalah seluruh mahasiswa sebanyak 33 yang mengisi link untuk mahasiswa yang sudah mengontrak perkuliahan pada semester Genap 2023/2024. Jumlah data responden yang berhasil dihimpun dalam evaluasi oleh Mahasiswa secara online pada semester Genap 2023/2024 ini adalah sebanyak 33 responden.
B. Proses Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan secara online melalui formulir (google form) yang sudah disediakan kepada setiap mahasiswa yang diminta untuk menilai Pelayanan Akademik yang dijalankan oleh LPM STEI NU Subang oleh setiap mahasiswa secara jujur, objektif dan penuh tanggung jawab.
C. Hasil dari Evaluasi
Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan penilaian positif terhadap tingkat Pelayanan Akademik STEI NU Subang darii 33 responden tersebut
- 62% responden merasa bahwa pelayananan akademik di STEI NU Subang sudah berjalan sangat baik
- 34 % responden merasa bahwa pelayanan akademik di STEI NU Subang sudah merasa cukup puas
- 10 % responden memberikan tanggapan masih kurang puas terhadap pelayanan akademik di STEI NU Subang
- 4% Responden memberikank tanggapan tidak puas terhadap pelayanan akademik khusus nya pada
- Tingkat kerapian dosen dalam melaksanakaan kegiatan mengajar dikelas da tidak tepat waktu
- Sulitnya mendapatkan informasi pendaftaran mahasiswa baru pada website
- Pelayanan terhadap mahasiwa yang dirasakan masih kurang
- Fasilitas bagi mahasiswa yang dirasa masih kurang, untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa, perpustakan yang dirasa belum memadai
Meskipun secara umum tingkat pemahaman terhadap Pelayanan Akademik di lingkungan STEI NU Subang tergolong tinggi, hasil evaluasi menunjukkan bahwa masih terdapat responden yang menyatakan kurang puas. Meskipun persentase ini relatif
kecil, hal tersebut tetap perlu diperhatikan sebagai indikator adanya aspek yang perlu ditingkatkan untuk mencapai kualitas Pelayanan Akedemik STEI NU Subang
REKOMENDASI
Berdasarkan temuan tersebut, berikut adalah rekomendasi yang dapat diambil:
1. Identifikasi Spesifik Kebutuhan
Lakukan penelusuran lebih lanjut terhadap aspek spesifik dari Pelayanan Akademik STEI NU Subang apakah masih relevan dengan kondisi saat ini
2. Peningkatan Proses Pelayananan Akademik
Perlu adanya peningkatan terhadap Pelayanan Akdemik di STEI NU Subang agar seluruh civitas akademika dapat merasakan bahwa pelayanan akdemik sudah sesuai dengan yang diharapkan serta perlu adanya
- Peningkatan pada Tingkat kerapian dosen dalam melaksanakaan kegiatan mengajar dikelas dan dosen diharapkan dapat hadir tepat waktu
- Perlu adanya informasi yang lebih masiv khusus nya pada media soial dan website STEI NU Subang dalam proses pendaftaran mahasiswa baru pada website
- Perlu adanya peningkatan Pelayanan dalam sarana prasaran untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa
- Perlu adanya peningkatan pada sarana perpustakan yang dirasa belum memadai dan diharapakan adanya Digital Library