




PEMBAHASAN HASIL EVALUASI
A. Jumlah Responden
Jumlah responden pada survey kepuasan Layanan Penelitian dan PkM STIE NU Subang adalah seluruh Dosen dan Mahasiwa sebanyak 15 yang mengisi link untuk mahasiswa yang sudah mengontrak perkuliahan pada semester Genap 2023/2024. Jumlah data responden yang berhasil dihimpun dalam evaluasi dosen oleh Mahasiswa secara online pada semester Genap2023/2024 ini adalah sebanyak 15 responden.
B. Proses Pengumpulan Data
Pengumpulan data dilakukan secara online melalui formulir (google form) yang sudah disediakan kepada setiap dosen dan mahasiswa yang diminta untuk menilai kepuasan terhadap Layanan Penelitian dan PkM yang dijalankan oleh LPM STEI NU Subang oleh setiap dosen dan mahasiswa secara jujur, objektif dan penuh tanggung jawab.
C. Hasil dari Evaluasi
Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan penilaian positif terhadap tingkat Layanan Penelitian dan PkM STEI NU Subang dari 15 responden tersebut
- 22,4% responden merasa bahwa Pengelolaan Sumber Daya Manusia di STEI NU Subang sudah berjalan sangat baik51 % responden merasa
- bahwa Pengelolaan Layanan Penelitian dan PkM di STEI NU Subangsudah merasa puas
- 6,77 % Responden memberikan tanggapan tidak puas terhadap Pengelolaan Layanan Penelitian dan PkM sebagai berikut :
- Belum tersedianya informasi pada website LPPM, kurangnya workshop, sosialisasi pedoman peneilitan dan PkM, masih kurang nya respon dari LPPM terhadap layanan, kurangnya ketersedian fasilitas penelitan dan PkM
Meskipun secara umum tingkat pemahaman terhadap Pengelolaan Layanan Penelitan dan PkM di lingkungan STEI NU Subang tergolong tinggi, hasil evaluasi menunjukkan bahwa masih terdapat responden yang menyatakan kurang puas. Meskipun persentase ini relatif kecil, hal tersebut tetap perlu diperhatikan sebagai indikator adanya aspek yang perlu ditingkatkan untuk mencapai kualitas Pengelolaan Layanan Penelitan dan PkM STEI NU Subang
REKOMENDASI
Berdasarkan temuan tersebut, berikut adalah rekomendasi yang dapat diambil:
1. Identifikasi Spesifik Kebutuhan
Lakukan penelusuran lebih lanjut terhadap aspek spesifik dari Pengelolaan Layanan Penelitian dan PkM STEI NU Subang apakah masih relevan dengan kondisi saat ini
2. Peningkatan Proses Pelayananan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Perlu adanya peningkatan terhadap Pengelolaan Layanan Penelitian dan PkM di STEI NU Subang agar seluruh civitas akademika dapat merasakan bahwa Pengelolaan Penelitian dan PkM sudah sesuai dengan yang diharapkan serta perlu adanya
- Perlu adanya informasi pada website LPPM terkait dengan penerbitan Jurnal dan PkM , perlu diadakan workshop dan sosialisasi pedoman peneilitan dan PkM, perlu adanya respon dari LPPM terhadap layanan, serta penambahan fasilitas penelitan dan PkM